Pasokan Pangan Aman, Pemkot Depok Siap Hadapi Ramadhan dan Lebaran

0
17

safiranews.com – Bulan Ramadhan semakin mendekat, namun Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah melakukan langkah-langkah strategis untuk memastikan pasokan pangan yang memadai dan harga yang terjangkau bagi warga. Ketua Harian Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Depok, Supian Suri, memastikan bahwa pasokan pangan saat ini aman dan harga masih dalam kisaran yang terjangkau.

“Kami telah melakukan diskusi intensif terkait langkah-langkah antisipasi menghadapi bulan Ramadhan dan Lebaran. Karena secara historis, terdapat peningkatan harga dan kekhawatiran akan kelangkaan pasokan,” ungkap Supian, di Balaikota Depok, pada Selasa (5/3).

Supian menegaskan bahwa hasil diskusi yang panjang itu, dengan dukungan penuh dari Forkopimda, termasuk Polres, menunjukkan bahwa stok dan distribusi pangan di Kota Depok aman dan masih terjangkau. “Informasi ini harus kami sampaikan kepada masyarakat, bahwa stok aman dan harga masih dalam batas terjangkau. Informasi ini kami peroleh dari diskusi dan pemantauan langsung di lapangan,” tambahnya.

Pemkot Depok berkomitmen untuk menjaga pengendalian inflasi dengan melaksanakan sejumlah program, bekerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin), serta melalui program bantuan pangan yang dikeluarkan oleh Pemkot.

“Salah satu langkah yang kami ambil adalah dengan menggelar pasar murah di setiap Kelurahan, yang akan berlangsung hingga minggu ketiga bulan Ramadhan,” jelasnya.

Supian juga menyebutkan bahwa upaya dalam mengantisipasi kenaikan inflasi termasuk dalam program Pemkot, dengan meningkatkan daya beli masyarakat dan ketersediaan pasokan pangan. “Kami berharap dengan ketersediaan pasokan yang cukup, tidak akan terjadi lonjakan harga yang signifikan, sehingga daya beli masyarakat tetap terjaga,” ungkapnya.

Hasil rapat juga mencatat bahwa Kawasan Pangan Nasional (KPN) memberikan arahan agar penyerapan Tunjangan Hari Raya (THR) ASN Pemkot dan perusahaan-perusahaan di Depok dapat dilakukan lebih awal, minimal H -10 sebelum Hari Raya. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan perputaran ekonomi dan daya beli masyarakat.

Supian menambahkan bahwa upaya bersama dalam menekan laju inflasi di Kota Depok telah membuahkan hasil yang baik, dengan laju inflasi yang masih terkendali. “Ini merupakan bukti dari kerjasama yang solid dalam mengendalikan inflasi, seperti yang telah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya,” tutupnya dengan optimisme.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini